Belanja Online Tanpa Tertipu? mampir sinii duluu

Simple is my favorite. Please enjoy the thread and share it if the content could have a benefit. It is FREE TO CONTACT ME BY EMAIL RISDASEVEN@GMAIL.COM



Dari beberapa pengalaman pribadi dan orang sekitar yang kebanyakannya mereka tertipu ketika scroll IG dan ada iklan foto random dengan penawaran menarik. beberapa bentuk penipuannya berbeda, ada yang menipu dalam hal barang yang tidak sesuai dengan foto dan ada juga yang menipu kemudian menghilang, bahkan nomor kita akan di block oleh pelaku tidak bertanggung jawab itu.


Oleh karenanya, aku share beberapa pelajarannya dari kejadian tersebut.. 


Tips  berbelanja di Instagram atau Facebook atau lainnya jikalau kalian memang tertarik dan mau belanja online di akun yang tidak menjamin keamanan transaksinya, yaitu:

1. Pastikan tidak termakan iklan ads di IG/FB/lainnya yang ternyata pas dibuka akunnya memiliki banyak followers tapi tidak ada active users yang menambahkan komentar atau menyukai foto OS tersebut. 

Berbelanjalah sesuai kebutuhan dan keadaan kantong ya:)

2. Minta real pic/ foto aseli dari produk yang kalian inginkan bila kalian hendak menghubungi melalui WA atau Line.

3. Cek nomor rekening, that's i wrote before. di tread sebelumnya... 

4. Tanyai proses pengiriman memakan waktu berapa lama? kemudian pastikan kalian mendapatkan nomor resi pengiriman barang yang kalian pesan.

5. Belanjalah di ecommerce yang sudah menjamin keamanan bertransaksi. 


berbeda dengan cara bijak berbelanja di akun medsos tanpa call centre. jika kalian hendak membeli di akun ecommerce yang memiliki call centre dan menjamin keamanan berbelanja, bisa jadi lebih mudah untuk kita para pembeli men tracking barang.
tetapi pernah loh terjadi denganku, ketika berbelanja dan sudah lebih dari 3 minggu barang tidak kunjung datang dan akhirnya aku putuskan untuk menghubungi call centre di minggu ke-3. yaitu di  J*.ID. kenapa aku hubungi di minggu ke-3? karena marketplace yang satu ini terkenal banget sama free ongkirnya, tapi pengiriman yang memakan 2-3 kali lipat waktu lebih lama dari marketplace lainnya. jadi aku putuskan untuk positif dulu kemudian menghubungi cust servicenya dan melaporkan juga melampirkan semua bukti transaksi. dan pada akhirnya saya memilih jalur refund (pengembalian uang) karena saya merasa kecewa. padahal waktu itu adalah orderan kesekian. 


pernah juga di SH***E sudah tf dan lainnnya tinggal nunggu barang, tapi kalau marketplace ini gercep bgt. tanpa aku hub CS uang yang aku tf udah langsung kembali dalam bentuk so-pay. karena mereka ada garansi dalam kurun waktu tertentu bila OS terkait tidak merespon, memproses bahkan mengkonfirmasi mengenai barang cust. woah, semoga marketplace yg lain berkembang seperti ini juga ya.. BL juga sama kerennya sih. 


Nah kalau kalian belanja di marketplace dan barang tidak kunjung datang, cara mengkonfirmasinya cukup mudah.
1. tenang
2. kumpulkan bukti tf, ingatlah nama akunmu, cari kode transaksi/ nomor invoice dan email. biasanya mba CS akan menanyakan hal ini. dan ingat apa pesananmu.
3. Hub CS (customer service) dengan sopan dan bijak ya saat kalian menelpon mereka, karena mereka manusia yang punya perasaan. 


Selamat Berbelanja Bijak ! 


semoga membantu guys. 

Komentar

Postingan Populer